Memetakan Potensi Ikan Asli Indonesia Untuk Kegiatan Ekonomi

ekonomi indonesia

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberikan, sedikit bocoran kapan program vaksinasi di Indonesia dimulai dengan cacatan semuanya berjalan lancar. Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksikan ekonomi tahun ini berpotensi terkontraksi lebih dalam dari prediksi sebelumnya karena kasus Covid-19 yang masih meninggi dan pengetatan PSBB. Selain menjadi harapan sehat dan kebalnya imunitas dalam menghalau virus Corona Covid-19, kehadiran vaksin turut menjadi harapan masyarakat agar kondisi finansial mereka segera pulih. Bank Indonesia menilai cadangan devisa November 2020 mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi. Jokowi mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat 2020 ini menjadi tahun yang sangat sulit.

Meskipun pelonggaran pembatasan mobilitas di Indonesia pada awal Juni 2020 akan membantu kegiatan perekonomian berjalan kembali, masih banyak terdapat ketidakpastian. “Artinya terjadi perbaikan ekonomi yang cukup signifikan dan ini dapat menjadi modal yang bagus untuk melangkah ke triwulan keempat 2020, ” jelas Suhariyanto dalam konferensi pers online, Kamis (5/11/2020). “Dengan ketidakpastian 2020 yang masih berlangsung hingga akhir tahun, maka perekonomian kita masih tergantung keberhasilan penanganan korona, ” ujarnya. Di sisi lain, data Purchasing Managers’ Index Indonesia memang terlihat sudah mulai menanjak sejak April lalu.

Potensi kekayaan Indonesia dalam bentuk sumber daya alam dan keragaman budaya perlu dioptimalkan dengan mengedepankan kreativitas dan inovasi, guna mendorong daya saing bangsa. Selain itu, perang dagang ASTiongkok dan tingginya tensi geopolitik dengan Iran merupakan warisan dari Presiden AS Donald Trump untuk dunia dan merupakan grey rhino di tahun 2021 yang mung kin saja dapat memperburuk inflasi. Kekhawatiran akan inflasi yang tinggi pascapandemi juga dapat muncul dari fenomena exuberant behavior atau keceriaan yang berlebihan dari perilaku kon sumsi.

Namun, perbaikan aktivitas manufaktur Indonesia masih didominasi oleh permintaan dalam negeri, itu pun masih terbatas. Tandanya, permintaan konsumsi masyarakat masih lemah, yang terlihat dari turunnya berbagai harga komoditas utama. Bahkan, pengeluaran makanan, minuman dan tembakau, serta transportasi yang biasanya menjadi penyumbang utama inflasi, kini jeblok. Pada 31 Mei 2019, S&P meningkatkan peringkatratingIndonesia satu tingkat menjadi “BBB” denganoutlookstabil. Indonesia pun mendapatinvestment gradepada level “BBB” denganoutlookstbbil dari seluruhrating agencies, ” papar Darmin. Menurut Menko Darmin, hal tersebut didukung dengan tingkat inflasi yang rendah dan terkendali sesuai dengan target yang ditetapkan dalam APBN.

ekonomi indonesia

Konsumsi yang berlebih an dari masyarakat ketika pande mi Covid-19 teratasi di saat produksi barang tidak bisa mengejar konsumsi berlebih tersebut ke mungkinan dapat mendorong kenaikan harga. Kemungkinan besar dampak dari lockdown yang berkepanjangan di berbagai Negara telah merusak skala ekonomi dari industri tersebut sehingga harga ongkos angkut per kg naik 21% di tahun 2020. LPEI menilai perbankan dalam program penjaminan korporasi penting guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional PEN.

Tak hanya itu, kualitas pertumbuhan yang semakin baik ditandai dengan tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan rasio gini yang menurun. Dia juga menyebutkan bahwa kegagalan ekonomi juga diakibatkan karena strategi yang dikembangkan Mentei Keuangan Sri Mulyani. Dikatakan Rizal bahwa kondisi ekonomi di Indonesia sepanjang tahun 2020 jauh dari kata berhasil. Defisit neraca dagang RI dengan Tiongkok turun menjadi US$ 1, 84 miliar pada Januari 2020. Kemudian, ada peningkatan kapasitas investasi langsung (foreign direct investment/FDI) China ke Indonesia, yang berpotensi menurun karena corona. Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat nilai ekspor dan impor Indonesia-Tiongkok menurun pada Januari 2020. BPS menyatakan ekspor ke Tiongkok turun sebesar 12, 07% menjadi US$ 2, 24 miliar pada Januari 2020.

By sita